Top Ad 728x90

,

Sejarah Museum Tanjungpandan Belitung

sejarah museum tanjungpandan pulau belitung kabupaten belitung

Belitung Imaji Tour, banyak jenis destinasi yang terdapat di Pulau Belitung, mulai dari destinasi yang berada di sekitar pantai, kota, hingga gunung. Bagaimana dengan destinasi wisata yang berbasis sejarah? Apakah Pulau Belitung punya? YA! Sekarang, mari kita melirik ke dalam museum Tanjungpandan.

SEJARAH MUSEUM TANJUNGPANDAN
“DIILHAMI DARI PENELITI ASAL BELANDA”
Awalnya Museum Tanjungpandan disebut sebagai museum geologi. Diilhami oleh seorang peneliti asal Belanda di zaman penjajahan, dan museum Tanjungpandan dibangun oleh Dr. Chaerul Saleh yang kala itu mejabat sebagai Menteri Perindustrian Dasar dan Pertambangan. Dr. Chaerul Saleh sendiri mejabat sebagai menteri mulai dari bulan Juli 1959 sampai tanggal 28 Maret 1966.
“DIPINDAHKAN DARI RANCANGAN AWAL”
Dr. R. Osberger - selaku ahli geologi dari Austria, segera melaksanakan perintah yang datang. Dr. R. Osberger adalah Kepala Dinas Eksplorasi dan Geologi, di PT. TIMAH yang berpusat di Kepala Kampit. Rencananya, museum akan dibangun disana, tetapi akhirnya dipindahkan ke pusat kota Tanjungpandan. Hal ini dikarenakan Ir. MEA Apitule selaku Direktur Utama PT. TIMAH, ingin memudahkan akses bagi pihak-pihak yang ingin melakukan kunjungan.
“AWALNYA GEDUNG KANTOR KEPALA TAMBANG TIMAH”
Setelah diputuskan, kemudian dibangun, Museum Tanjungpandan akhirnya bertempat di gedung tua yang sempat dijadikan kantor dari NV Billiton Maatschappij, gedung kantor yang semula adalah tempat bersemayamnya Kepala Penambangan dari zaman Belanda yang memfokuskan untuk menggali timah Belitung. Sekarang, museum Tanjungpandan masih tetap berdiri. Banyak sekali barang-barang bersejarah yang ditempatkan disana, mulai dari kendi dari dinasti china, hingga  beragam pusaka peninggalan kerajaan di Belitung. Anda penasaran dan ingin mengunjunginya? Hubungi Belitung Imaji Tour.

TERTARIK INGIN KE BELITUNG?
KONTAK KAMI
Anda bisa menghubungi kami via 
WhatsApp di 0811-7-1111-44 (WA Only)
Telpon di 0878 9647 2764 (Julian)
Blackberry Pin 2b31 3e63
Atau mengirim email ke alamat imajitour@gmail.com
Atau anda bisa juga mengisi data reservasi di laman RESERVASI – JUST CLICK 

Top Ad 728x90